Payudara Asimetris

June 12th, 2009

kawaiiRekan semua, sebenarnya hampir semua wanita memiliki kondisi  payudara kanan dan kiri yang tidak sama bentuk dan ukurannya,  juga bentuk dan arah putingnya. Hanya,  jika perbedaan tersebut sangat tipis, maka perbedaan itupun tidak terlihat dan dikatakan normal. Anda pernah mendengar istilah payudara asimetris? Lalu, apa yang menjadi kondisi khusus, sehingga seorang wanita disebut memiliki payudara asimetris. Yuuk.  simak tulisan saya berikut ini….

Payudara asimetris adalah satu kondisi dimana salah satu payudara wanita secara nyata terlihat lebih kecil atau lebih besar dari satu payudara lainnya. Hampir semua payudara sebenarnya asimetris, hanya kemudian dibedakan menjadi beberapa tingkat. Tidak seorang wanita pun yang benar-benar memiliki sepasang payudara yang exactly the same size.

Yang biasa disebut payudara asimetris, mengacu pada kondisi dimana payudara memiliki perbedaan diantara keduanya, paling tidak satu ukuran mangkok (cup) bra (misal payudara kanan 34B, payudara kiri 34A). Payudara asimetris bukanlah kondisi yang secara medis menandakan adanya penyakit yang mengancam. Namun demikian, kondisi payudara asimetris ini menjadi perhatian khusus banyak wanita muda, terutama terkait kepercayaan diri dan penampilan.

Payudara Asimetris

Payudara Asimetris

Payudara asimetris biasanya terlihat selama masa pubertas dimana pada saat itu payudara mulai berkembang. Seiring waktu, kondisi asimetris ini semakin menjadi kondisi yang tidak menyenangkan dan membuat rendah diri bagi wanita.

Apa penyebab payudara asimetris?

Payudara asimeteris merupakan kondisi yang dipengaruhi faktor bawaan (congenital), yang artinya kondisi asimetris merupakan satu kondisi yang dibawa seorang wanita sejak lahir. Payudara asimetris dapat terjadi pada siapa saja dengan pertumbuhan payudara yang normal. Atau dapat juga karena terjadi kondisi tertentu, seperti akibat luka atau terbakar. Infeksi atau tumbuhnya tumor dapat menjadi penyebab pertumbuhan payudara yang tiba-tiba menjadi asimetris. Tapi tidak ada kaitan antara payudara asimetris dengan kanker payudara. Jika dalam pemeriksaan dokter mengatakan bahwa tumor merupakan penyebab payudara anda asimetris, dokter pasti akan menyarankan anda menjalani mamogram.

asymetric2

Namun, jika anda mendapati payudara anda selalu asimetris, berlega hatilah karena berarti tidak ada yang perlu anda khawatirkan. Secara medis, kondisi ini biasanya tidak menyebabkan masalah, meski pada beberapa wanita dilaporkan mengalami kesulitan saat menyusui.

Dari berbagai sumber.

<>
Comments are closed.