Home > Perawatan Payudara, Tips Kesehatan Payudara, Yang Ringan Tentang Payudara > Diet Yo-Yo? Nggak Baik Buat Payudara!

Diet Yo-Yo? Nggak Baik Buat Payudara!

December 17th, 2009

nicebreastRekan semua, payudara yang montok, kenyal dan proporsional memang menarik, tetapi jangan hanya memperhatikan sisi estetika saja, perlu ditengok untuk menjaganya supaya tetap sehat. Menjaga kesehatan payudara merupakan langkah tepat mencegah hadirnya berbagai penyakit, termasuk kanker payudara.

Bagaimana caranya? Berikut 4 langkah sederhana yang bisa menjadi panduan Anda.

1. Hindari diet yo-yo

the_yoyo_diet_cycle1

Diet yo-yo (Anda mengalami penurunan dan kenaikan berat badan secara berulang-ulang) tidak baik untuk kesehatan payudara. Menurut Shirley Archer, seorang pembina kesehatan dan fitnes dari Stanford University School of Medicine, Anda akan mendapatkan tanda goresan atau kerutan di sekitar payudara setiap kali Anda mengalami kenaikan dan penurunan berat badan. Tanda goresakan ini, terang Archer, sulit untuk dihilangkan.

2. Peta kesehatan keluarga

big-family

Cobalah melihat kembali catatan kesehatan keluarga Anda. Cara ini bisa membantu Anda menerapkan langkah pencegahan dan pengurangan risiko dengan menerapkan gaya hidup sehat sejak dini. Apakah hanya memperhatikan sejarah kanker payudara di dalam keluarga? Menurut Direktur New York University Cancer Institute Breast Cancer Screening and Prevention Program, Julia Smith, MD, meskipun Anda tidak mempunyai sejarah kanker payudara dalam keluarga dekat, Anda tetap berisiko jika mempunyai keluarga yang menderita jenis kanker yang dipicu oleh hormon (seperti kanker prostat dan kanker ovarium yang juga berkaitan dengan gen BRCA 1 atau 2).

3. Tambah waktu olahraga

woman-exercising

Tidak cukup waktu berolahraga? Penelitian menunjukkan bahwa berjalan 10 menit sehari bisa mengurangi risiko kanker payudara. Studi lain dari University of Southern California menemukan, perempuan yang berolahraga 80 menit saja sepekan mengalami pengurangan risiko menderita penyakit hingga 20%.

4. Gunakan sunscreen

sunscreen
Lindungilah bagian atas dada Anda dari kerusakan akibat sinar matahari dan tanda-tanda penuaan. Pastikan memakai sunscreen setiap kali Anda terpapar langsung sinar matahari.

Wow!! Tambah lagi nich pengetahuan kita untuk bikin payudara lebih sehat dan indah… :)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com

<>
Comments are closed.