Home > Ibu Menyusui, Perawatan Payudara, Tips Kesehatan Payudara > Pijat Payudara dan Berbagai Manfaatnya

Pijat Payudara dan Berbagai Manfaatnya

May 14th, 2010

Rekan pembaca, beberapa bulan terakhir ini begitu sering saya mendapatkan email baik dari pengunjung maupun member rahasiapayudara.com yang bertanya apakah baik bila payudara dipijat saat hamil atau menyusui?

Apa ini ada kaitannya dengan musim hujan yang bikin udara lebih sejuk dan bikin suasana jadi lebih romantis ya?? Jadi banyak yang memadu kasih dan hehehe…

Bagi anda, rekan wanita, yang saat ini sedang menanti kelahiran buah hati juga sedang menyusui si kecil, saya ucapkan selamat berbahagia. Semoga anda dan si kecil senantiasa sehat. Amiin…

Balik lagi ke bahasan kita, apa saja manfaat pijat payudara? Ini dia…

Rekan wanita, memijat payudara di saat anda menyusui, akan membuat saluran susu menjadi bersih sehingga air susu ibu menjadi lebih lancar (bahkan sangat lancar) dan pengosongan kantung susu yang cepat, akan memacu produksi ASI yang lebih banyak lagi.

Pijat payudara tidak hanya terbatas bagi anda yang menginginkan produksi ASInya meningkat, lho?! Secara menyeluruh pijat payudara sangat berguna untuk kesehatan payudara. Karena sesungguhnya payudara yang tidak pernah dilatih, akan memiliki potensi terjadinya penumpukan cairan toxin yang berujung pada berbagai masalah kesehatan pada payudara.

Nah, lalu manfaat apa saja yang anda dapatkan dengan memijat payudara?

  1. memperbaiki dan meningkatkan peredaran darah
  2. mengurangi gejala kram akibat menstruasi
  3. mengurangi rasa sakit saat anda menjalani pembedahan (apapun)
  4. mengurangi ketidanyamanan selama kehamilan
  5. meningkatkan kekencangan kulit payudara dan sekitarnya
  6. meningkatkan produksi ASI
  7. mempercepat proses pengosongan kantung ASI
  8. mencegah sumbatan ASI di saluran dan kelenjar susu
  9. mempercepat kesembuhan saat terjadi pembengkakan
  10. relaksasi payudara dan area dada
  11. mengencangkan otot penggantung payudara (otot pektoralis) hingga payudara menjadi lebih kencang dan terangkat
  12. mengencangkan payudara dan meningkatkan keindahannya secara menyeluruh
  13. mencegah kanker payudara (karena ini menjadi metode SADARI)
  14. meningkatkan pengeluaran cairan limfe yang akan mencegah timbulnya kanker dan membuang toksin yang tidak bermanfaat dari dalam tubuh
  15. SADARI-Periksa Payudara Sendiri-yang akan membantu deteksi dini adanya benjolan di payudara
  16. mengurangi munculnya guratan dan strechmark payudara
  17. dan yang paling membahagiakan adalah, pijat payudara dapat merangsang payudara bertambah ukuran!

Wow!! Amazing!!

Lalu, bagaimana  melakukan pijat payudara ini, mbak Inung?

Rekan wanita, berikut ini adalah langkah sederhana untuk pemijatan payudara yang anda dapat lakukan setiap hari. Bagi anda rekan pria, boleh kok membantu pasangan tercinta anda…

Pertama, pijat kelenjar limfe yang ada di ketiak. Pijatan di titik ini akan membuat darah dan racun mengalir. Buat gerakan memutar selama 2 menit.

Kedua, gunakan losyen atau baby oil sebagai pelumas. Bagi anda yang sedang menyusui gunakan minyak alami seperti minyak zaitun untuk hasil terbaik.

Ketiga, usapkan minyak ke payudara dan pijat perlahan. Lakukan gerakan memutar dan gerakan dari lipatan bawah payudara ke atas. Jangan menekan terlalu keras mengingat payudara lebih banyak berisi jaringan kelenjar.

Keempat, saat anda mulai rasakan payudara menghangat, itu tanda bahwa aliran darah dalam payudara telah meningkat. Kondisi ini sangat baik untuk payudara.

Kelima, teruskan pijatan 15-20 menit.

Keenam, setelah selasai, bersihkan payudara, bersamaan anda mandi.

Lakukan pijat payudara ini setiap hari. Kapan saja, saat anda akan mandi, boleh… saat anda bersantai dengan pasangan, boleh…

Mudah bukan?!

Dan saya sebagai pengelola rahasiapayudara.com, boleh donk tersenyum bahagia, karena selama 3 tahun ini lantang mempromosikan pentingnya latihan khusus untuk payudara dengan teknik pijatan. Latihan khusus untuk wanita ini jelas memiliki manfaat bagi kesehatan dan juga keindahan payudara.

Ehemmmm…

Sumber: http://www.breastfeeding-problems.com

<>
Comments are closed.