Home > Makanan Sehat, Perawatan Payudara, Tips Kesehatan Payudara > Payudara: Beda Usia Beda Perawatan (Bagian 1)

Payudara: Beda Usia Beda Perawatan (Bagian 1)

March 31st, 2012

Rekan Pembaca,

Tanpa sengaja saya menemukan sebuah situs berbahasa Thailand yang awalnya saya hanya menduga (lebih ke yakin) isinya tentang payudara hanya dari gambar ilustrasinya. Alangkah senangnya karena situs tersebut ada English Version-nya. Saya klik…Voila!! Isinya bagus banget untuk saya share kepada rekan pembaca semua.

Artikel tersebut berisi cara yang baik merawat payudara sesuai usia si-empunya. Wow!! What an Exciting Article!!! Karena cukup panjang, saya bagi menjadi dua artikel yaa…

Ini bagian pertamanya…


1. Saat Anda Berusia 11-15 tahun

Pada usia ini payudara seorang gadis memasuki periode pertama perkembangan. Akan muncul kuncup payudara dan terjadi benjolan kecil yang tumbuh di bawah areola dan puting. Benjolan ini disebut tunas payudara. Tunas akan tumbuh lebih besar dan bulat secara perlahan. Pada periode ini anda akan merasa kesemutan atau nyeri ketika kuncup payudara anda mulai berkembang.

Perawatan Payudara:
Tidak perlu melakukan apa-apa, hanya mencoba bra pertama yang mampu mendukung pertumbuhan tunas payudara. Saat mandi gunakan sabun lembut dan keringkan dengan handuk bersih untuk mencegah jerawat. Tidak perlu menggunakan bra dengan bingkai logam. Berikan asupan gizi untuk tubuh anda dengan makanan berkualitas, protein dari ikan, telur dan susu kedelai. Tubuh membutuhkan asupan makanan untuk mengembangkan payudara menjadi lebih besar.

2. Saat Anda Berusia 16-21 tahun

Tunas payudara anda telah berkembang dan puting payudarapun menjadi lebih besar. Ini semua menggambarkan bahwa hormon estrogen di dalam tubuh anda telah bekerja. Perkembang paling pesat payudara anda terjadi pada periode ini dan mencapai pembentukan payudara sepenuhnya pada usia 21 tahun.
PENTING!! Pada usia ini anda dilarang keras melakukan diet ketat atau melakukan program pengurusan badan. Mengapa?? Karena akan menghambat perkembangan tunas payudara, memicu terjadinya deformitas (payudara tidak berkembang) dan volume payudara kurang.
Tubuh anda harus memperoleh semua sumber nutrisi yang diperlukan, dengan kandungan protein tinggi seperti telur, susu kedelai dan lemak baik dari ikan laut dan minyak zaitun. Tubuh Anda membutuhkan itu semua untuk mendapatkan payudara yang berkembang dengan cepat menjadi lebih besar.

Perawatan payudara:
Pilih ukuran bra yang sesuai dan bentuk payudara (karena secara dramatis perubahan ukuran payudara akan terjadi selama periode ini, sehingga Anda mungkin perlu mengganti bra dengan ukuran yang berbeda beberapa kali) Selama kegiatan olahraga, kenakan bra olahraga untuk mencegah payudara kendur dan melorot.

Naaahhh…itu bagian pertamanya. Tunggu bagian keduanya yaa :)

Sumber : girlysociety.com

<>
Comments are closed.