Home > Perawatan Payudara, Tentang Payudara, Tips Kesehatan Payudara > Payudara: Beda Usia Beda Perawatan (Bagian 2)

Payudara: Beda Usia Beda Perawatan (Bagian 2)

April 4th, 2012

Rekan pembaca,

Pada artikel sebelumnya, saya telah membahas mengenai perkembangan payudara pada usia 11-16 tahun dan 16-22 tahun, beserta perawatannya yang benar.

Nah, sekarang lanjut bagian keduanya yaa… Semoga menjadi lebih lengkap karena artikel kali ini akan membahas perawatan payudara masa dewasa hingga usia menjelang/ memasuki masa menupause.

Ayo, langsung kita simak bersama…

3. Saat Anda Berusia 22-45 tahun

Selama periode ini, payudara mencapai perkembangan kontur akhir payudara. Garis kurva  dan bentuk payudara terbentuk dengan sempurna. Tipe/ bentuk payudara, seperti bentuk lemon, apel, melon air atau apel dapat dibedakan dengan jelas

Mulai periode ini akan dirasakan adanya beberapa perubahan selama siklus menstruasi. Satu minggu sebelum menstruasi, payudara akan sedikit melorot dan ukuran akan sedikit lebih besar dari biasanya. Perubahan ini akan kembali seperti semula setelah masa menstruasi.

Perawatan Payudara:
Selama periode ini, anda akan merasa sangat bangga dengan payudara anda. Silahkan pilih bra favorit yang sesuai dengan ukuran dan bentuk payudara anda.

Secara teratur lakukan ’olahraga’ payudara dengan pemijatan, boleh menggunakan krim payudara ataupun minyak pelumas lainnya. Pijat payudara anda dengan cara yang tepat untuk untuk mendapatkan payudara yang kencang dan mencegah kendur serta melorot dikemudian hari.

Untuk anda yang memiliki bakat payudara yang besar, anda akan memiliki risiko payudara melorot yang lebih besar daripada yang berbakat kecil atau sedang. Pilihkan bra dengan penyangga logam lunak dan strip/tali bahu yang besar untuk memberikan topangan yang lebih besar.

Memasuki usia ini anda mulai wajib melakukan SADARI (periksa payudara sendiri) setiap bulan dan lakukan pemeriksaan dokter setiap 3 tahun sekali. Hindari makanan berlemak, digoreng, dan melalui proses suhu tinggi untuk mengurangi risiko kanker payudara.

4. Saat Anda Berusia lebih dari 45 tahun

Sebagai hasil dari pengembangan akhir payudara, jaringan payudara yang telah mekar akan menjadi lunak karena tidak ada stimulasi pertumbuhan oleh fungsi hormon estrogen. Faktor usia dan proses kehamilan dan menyusui, dan menyapih akan membuat jaringan payudara akan menyusut dan mengurangi ukuran serta bergerak melorot turun dari hari ke hari.

Perawatan Penting:
Pada periode ini akan lebih baik untuk memilih bra dengan bingkai logam lunak untuk memperlambat masalah payudara kendur. Jangan berpikir bahwa anda sudah tua dan tidak perlu melakukan perawatan payudara atau memilih “no-bra”.

Yang paling penting adalah anda harus memiliki niat lebih untuk melakukan perawatan payudara. Hasil akan maksimal jika perawatan telah dilakukan sejak remaja. Anda akan mendapatkan payudara yang indah dengan bentuk yang sepenuhnya bulat.

Tetap lakukan SADARI dan lakukan kunjungan dokter untuk pemeriksaan mamografi setiap tahun juga.

Lengkap sudah bagian 1 dan 2. Semoga rekan pembaca wanita dapat memulai perwatan payudara sesuai dengan usia anda masing-masing :)

Sumber : girlysociety.com

<>
Comments are closed.