Home > Perawatan Payudara, Tips Kesehatan Payudara > Kenapa Tetekku Gatal??

Kenapa Tetekku Gatal??

June 20th, 2012

Rekan Pembaca,

Rasa gatal di payudara?? Anda pernah mengalaminya?? Tentu sangat menjengkelkan dan sangat tidak nyaman, apalagi jika rasa gatal itu datang saat anda sedang bersama teman atau kolega.

Meski gatal di payudara itu biasa terjadi, rasa risih dan tidak nyaman akan sangat mengganggu aktivitas yang anda lakukan. Apalagi jika rasa gatal sudah menjalar dan semakin parah, mungkin juga akan membuat anda sulit untuk memakai bra.

Nah, apa saja yang dapat menyebabkan payudara gatal? Bagaimana pula cara mengatasinya? Yuukk…kita baca uraian singkatnya :)

Penyebab rasa gatal pada payudara

Saat  payudara anda terasa gatal, jangan langsung panik. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui penyebab rasa gatal itu terlebih dahulu. Setelah mengetahui penyebabnya maka anda pun dapat  melakukan tindakan dan pengobatan. Berikut penyebab rasa gatal di payudara:

1. Ketika memakai bra yang berenda

2. Saat mandi dengan pemakaian sabun yang tidak cocok atau terlalu kuat menggosoknya

3. Terkena alergi, mungkin dari bra atau lotion yang anda pakai

4. Penggunaan deterjen yang terlalu kuat saat mencuci bra dan pakaian

5. Pemakaian parfum yang tidak cocok untuk kulit payudara

6. Kulit kering dan iritasi

Bagi wanita yang memiliki payudara yang lebih besar, mungkin terkena resiko gangguan ini lebih besar. Hal ini dikarenakan pada wanita dengan payudara besar, daerah kulit di bawah payudara tertutup sehingga membentuk lipatan dan kulit menjadi lembab karena kulit saling bergesekan tanpa ada aliran udara, yang berpotensi terjadi iritasi atau ruam kemerahan yang menyebabkan rasa gatal.

Cara menyembuhkan rasa gatal pada payudara

Berikut adalah tips untuk mencegah dan menghilangkan rasa gatal pada payudara

1. Memeriksa puting payudara. Jika terdapat bercak kulit di daerah puting, mungkin itu tanda kulit kering. Solusinya, saat menggosok payudaranya harus dengan spons lembut dan sabun ringan dengan lembut untuk menghilangkan kulit keringnya.

2. Pastikan memakai bra yang bersih dan nyaman

3. Saat tidur, cobalah lepas bra Anda, agar payudara dapat relaks sejenak

4. Jika sudah timbul rasa gatal, oleskan krim pengobatan rasa gatal pada payudara, dengan konsultasi dokter terlebih dahulu.

Anda kini sudah mengetahui penyebab rasa gatal di payudara dan cara mengatasinya. Tersenyum dan katakan….enggak gatal lagi, tuch! :)

 

<>
Comments are closed.