Home > kanker payudara, Tentang Payudara, Tips Kesehatan Payudara > 3D Sonomammogram-USG Payudara Tiga Dimensi

3D Sonomammogram-USG Payudara Tiga Dimensi

September 28th, 2012

Rekan Pembaca,

Artikel kali ini berisi tentang satu alat deteksi kanker payudara terbaru dan tercanggih. Alat pencitraan dengan teknologi ultrasound 3D terbaru ini digunakan untuk  memperoleh, menganalisis, dan melaporkan secara rinci volume anatomi  payudara anda dengan pengambilan gambar yang lebih mudah dan nyaman.

Namanya  3D Sonomammogram. Secara prinsip perbedaan Dengan Mamografi atau USG konvensional antara lain:

1. 3D Sonomammogram melakukan hasil pemindaian tiga dimensional dari berbagai penampang untuk memberikan gambaran menyeluruh terhadap kemungkinan kelainan payudara.
2. 3D Sonomammogram juga melakukan pemindaian secara otomatis berbasis komputer sehingga kemungkinan bias dari asumsi operator alat dapat diminimalisir.
3. 3D Sonomammogram dapat mendeteksi 40% lebih banyak lesi-lesi pada payudara padat, sementara USG konvensional hanya dapat menemukan sekitar 20% lesi-lesi.

Terus apa kelebihan adari alat deteksi ini? Yuukk kita lanjutkan…

Kelebihan 3D Sonomammogram
1.  Nyaman.Pasien diperiksa dengan posisi tidur yang lebih nyaman dengan tingkat penekanan yang dapat diatur sehingga tidak menimbulkan rasa sakit.
2.  Tanpa radiasi.Menggunakan gelombang Ultrasonik 5-14 MHz yang aman bagi tubuh.
3.  Cepat. Proses pemeriksaan payudara berlangsung 10-15 menit.
4.  Akurat.Hasil pemindaian berupa citra irisan tiga dimensi dari berbagai penampang sehingga memberikan data yang memadai untuk analisis dan diagnosis yang berkaitan dengan payudara.
5.  Detil.Ketebalan irisan pemindaian dapat disesuaikan dengan kebutuhan terkait kondisi pasien.

Saat Terbaik Periksa Payudara
Pemeriksaan dengan 3D Sonomammogram dapat dilakukan kapan saja dan tanpa persiapan apapun. Adapun, diagnosis menggunakan 3D Sonomammogram sebaiknya dilakukan secara rutin setiap tahun.

Siapa Saja Yang Bisa Periksa
Semua wanita bisa melakukan pemeriksaan dengan 3D Sonomammogram. Dianjurkan melakukan pemeriksaan setidaknya sekali dalam setahun.
1.  Wanita di bawah 40 tahun dianjurkan memeriksa mamografi atau USG setiap tahun
2.  Wanita di atas 40 tahun dan memiliki riwayat kanker payudara pada keluarga terdekat, memiliki resiko tinggi terkena kanker payudara sehingga disarankan memeriksakan diri secara rutin enam bulan sekali.
3.  Wanita di atas 40 tahun dan pernah menderita kanker payudara, maka harus memeriksakan diri secara rutin sesuai dengan petunjuk dokter.

Selain itu, penting bagi setiap perempuan untuk melakukan deteksi dini kanker payudara dengan metode SADARI setiap bulan.
Pemeriksaan menggunakan 3D Sonomammogram sifatnya diagnostik sama halnya dengan pemeriksaan menggunakan Mammografi, Breast USG dan MRI.

Proses Pemeriksaan 3D Sonomamogram
3D Sonomammogram menggunakan sistem ultrasound multiguna pertama di dunia yang mampu mengumpulkan data volume payudara dengan resolusi tinggi yang dapat memproduksi hingga 400 gambar yang konsisten dalam pemeriksaan yang hanya berlangsung selama 10-15 menit(tergantung ukuran payudara dan anatominya).

Pemeriksaan dengan 3D Sonomammogram tidak menggunakan radiasi dan teknik pemeriksaannya pun tidak ditekan (tanpa rasa sakit), melainkan pasien tidur telentang, dilakukan foto lebih dahulu dengan 3D Sonomammogram dan kemudian dilakukan konfirmasi lagi dengan USG payudara. Hal ini berbeda dengan mamografi yang menggunakan radiasi dan teknik pemeriksaannya ditekan, sehingga kadang menimbulkan rasa tidak nyaman bagi kebanyakan wanita.

Alhamdulillaah alat ini sudah masuk ke Indonesia, lho?!  Ayo kapan anda periksa..? :)

<>
Comments are closed.