Home > kanker payudara, Makanan Sehat, Tips Kesehatan Payudara > Si Kecil Pencegah Kanker Payudara

Si Kecil Pencegah Kanker Payudara

November 8th, 2012

Rekan Pembaca,

Kemarin sore saya menikmati onde-onde-makanan tradisional berbentuk bulat berisi kacang hijau tumbuk yang kulitnya berhias bintik biji wijen. Tiba-tiba saja saya ingin browsing manfaat wijen dan kanker payudara. Entah kenapa….

Wuuuzzz…segera saya minta Mbah Google untuk membantu saya mencari informasi tentang apa yang ada di otak saya dan… viola!!…ini dia…. :) :)

Dinyatakan dalam sebuah situs jurnal kesehatan bahwa biji wijen berasal dari tanaman yang dalam tubuhnya terdapat lignan. Lignan…??? Apa itu..???


Lignan merupakan salah satu dari tiga kelas utama phytoestrogen, hormon estrogen alami dari tanaman (fitoestrogen) yang secara struktural mirip dengan estrogen dalam tubuh wanita. Karena mereka secara struktural mirip dengan estrogen, fitoestrogen dapat mengikat reseptor estrogen dalam tubuh, dan dapat memberikan efek perlindungan terhadap perkembangan kanker payudara. Hormon ini bekerja dengan menghambat estrogen endogen yang lebih kuat secara biologis dan mengerahkan efeknya pada sel target (sel kanker).

Lusinan penelitian telah dilakukan, khususnya untuk menentukan apakah diet tinggi lignan terkait secara signifikan dengan penurunan risiko untuk mengembangkan kanker payudara

Para peneliti melihat bahwa risiko dapat berbeda tergantung pada status reseptor estrogen dari sel-sel payudara masing-masing individu. Reseptor estrogen positif (ER +) sel-sel payudara memiliki reseptor estrogen dapat mengikat hormon tanaman ini. Di sisi lain, estrogen reseptor-negatif (ER-) sel-sel payudara tidak memiliki reseptor.

Para peneliti memang belum menemukan hubungan yang pasti antara paparan lignan dan risiko keseluruhan diturunkan untuk pengembangan kanker payudara bagi perempuan pada umumnya.

Namun, terutama dalam konteks wanita pasca-menopause, data yang diperoleh dari penelitian sebelumnya memang menunjukkan bahwa tiga belas wanita dengan asupan lignan lebih tinggi memiliki pengurangan risiko terhadap kanker payudara sebesar 14 persen, dibandingkan perempuan dengan asupan lignan lebih rendah. Adapun status reseptor estrogen, faktor ini tampaknya tidak membuat perbedaan yang signifikan.

Tapi jika kita telah mnegtahui manfaat pentingnya lignan bagi wanita, tidak perlu menunggu sampai menopause donk untuk menambahkan biji wijen ini ke  dalam diet Anda… :)

Jangan lupa: segala sesuatu harus diatur dan dimoderasi. Informasi yang saya dapat dari situs dr. Oz, partner kesehatan Oprah Winfrey Show, dituliskan  bahwa baik untuk menambahkan biji wijen dalam sarapan cereal atau yogurt Anda.

Wijen akan membantu tubuh menciptakan keseimbangan hormone secara alami. Kandungan vitamin E-nya yang merupakan antioksidan yang sangat kuat. Untuk menurunkan risiko kanker payudara, dosis yang dianjurkan adalah 1 sendok makan wijen yang ditambahkan dalam sarapan sereal, yogurt, bubur ayam juga oke,  hehehe…dan cukup sekali dalam seminggu.

Beberapa ahli gizi lain merekomendasikan tidak lebih dari 3 sampai 5 sendok makan.

Untuk amannya pilih dosis yang kecil dulu, 1 sendok makan seminggu sekali.

Hhhmmm…kayaknya saya juga mau coba nich… :) :)

<>
Comments are closed.