Fakta dan Mitos Bobok Nggak Pake Bra

June 27th, 2013

Rekan pembaca,

Benarkah payudara bisa cepat kendur kalau tetap memakai bra saat tidur? Apakah memang memakai bra dapat membuat payudara cepat turun? Selama ini jawaban-jawaban dari pertanyaan tersebut kerap simpang-siur.

Berikut ini penjelasan ahli kesehatan mengenai berbagai mitos seputar bra dan payudara.

Apa yaa… ??? Daripada penasaran, langsung aja yuuukk…

1. Payudara Cepat Kendur Bila Tidur Tanpa Bra
Beberapa wanita masih percaya bila tidur tanpa bra bisa menyebabkan payudara kendur. Namun hal ini hanya mitos. Dr Alfiah Amiruddin, MD, MS, selaku ahli bedah payudara RS Mitra Kemayoran, menjelaskan, tidur memang sebaiknya tidak memakai bra untuk memberikan payudara kesempatan ‘bernapas’.

“Setiap hari kita pakai bra dari pagi sampai malam maka sebaiknya saat tidur dilepas untuk memperlancar aliran darah dan oksigen,” tutur dokter Alfiah.

Perlu diketahui penyebab utama payudara kendur menurut dokter Alfiah adalah usia. Selain itu, gravitasi, pola diet, kehamilan, dan menyusui juga faktor yang membuat payudara cepat turun.

2. Tidak Pakai Sport Bra Saat Olahraga Buat Payudara Kendur
Sebagian wanita percaya bahwa saat olahraga harus memakai sports bra karena kalau tidak akan membuat payudara cepat turun. Pakai sports bra ketika latihan memang dianjurkan tapi bukan berarti payudara menjadi kendur bila tidak menggunakannya.

Dokter lulusan Universitas Hasanuddin itu menuturkan, sports bra didesain khusus untuk berolahraga sehingga dibuat dari bahan yang menyerap keringat. “Boleh saja kita memakai bra lain tapi kalau bahannya panas bukan dari katun seperti sports bra tidak menyerap keringat bisa memungkinkan tumbuhnya kuman,” tutur wanita 45 tahun itu.

3. Pakai Bra Malah Membuat Payudara Cepat Turun
Penelitian terbaru di Prancis menemukan fakta bahwa pemakaian bra bisa menyebabkan payudara kendur. Ternyata hal itu cuma terbukti dan dianggap mitos. Dokter Alfiah menjelaskan bahwa pemakaian bra tidak membuat payudara lebih cepat turun.

Akan tetapi jika ukurannya tidak tepat bisa mempengaruhi payudara Anda. Misalnya saja kekecilan bisa menimbulkan rasa nyeri di sekitar payudara. “Kendur sih tidak tapi akan menyebabkan rasa nyeri karena penekanan yang lama (jika kekecilan),” tutur wanita 53 tahun itu.

Dokter Alfiah kembali menjelaskan, faktor utama payudara kendur adalah usia. Wanita yang semakin tua elastisitas ototnya mulai berkurang. Setiap orang mempunyai jaringan payudara yang berbeda-beda namun biasanya mulai mengendur saat usia 50-an.

4. Ada Bra Pencegah Kanker Payudara
Sebagian wanita percaya adanya bra yang bisa mencegah payudara. Namun kanker payudara tidak bisa disembuhkan hanya dengan bra. Namun kini lingerie berteknologi yang pernah diciptakan oleh perusahaan alat asal Amerika Serikat adalah bra pendeteksi kanker payudara.

Bra tersebut dilengkapi dengan First Warning System yang akan mendeteksi massa tumor lebih awal. Hal ini tentu akan membantu para wanita mencari pengobatan sesegera mungkin setelah didiagnosis mengidap kanker mematikan tersbeut.

5. Bra Kekecilan Bisa Memicu Kanker Payudara
Bra kekecilan bisa memicu kanker payudara itu mitos. Menurut dokter Alfiah, kanker payudara tidak terkait dengan bra yang kekecilan. “Kalau langsung menyebabkan kanker itu tidak, tapi menyebabkan rasa tak nyaman, penekanan yang terlalu lama itu membuat payudara merasa sakit,” jelas dokter yang mengambil gelar masternya di Universitas Kebangsaan Malaysia itu.

Semoga menjaid lebih jelas yaa….

<>
Comments are closed.